Beranda > Bisnis > BI Ajak Bank Devisa Tentukan Kuotasi Kurs Rupiah

BI Ajak Bank Devisa Tentukan Kuotasi Kurs Rupiah

“Kami sedang membicarankan ini dengan asosiasi”.Pasar valas di Jakarta.

Bank Indonesia akan meminta bank-bank devisa domestik untuk membuat kuotasi atau patokan harga jual-beli valuta asing di pasar spot dalam negeri. Dengan ini diharapkan bisa menghilangkan kemungkinan para pemain valas mengacu pada transaksi non deliverable forwards (NDF) yang melemahkan nilai tukar rupiah.

“Kami sedang membicarakan ini dengan asosiasi,” ujar Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah, di Jakarta, Kamis, 7 Februari 2013.

“Kami perlu mencari solusinya, meminta asosiasi untuk memberikan kuotasi di Indonesia. Kami memantau ada 30 bank yang aktif dalam bertransaksi devisa,” katanya.

BI telah melarang bank untuk melakukan transaksi dengan acuan NDF, karena ditengarai dapat melemahkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Menurut Halim, saat ini, kuotasi pasar valas di Indonesia memang belum lengkap. Untuk itu, BI akan meminta bank-bank devisa untuk menetapkan kuotasi sendiri. Dengan demikian, diharapkan mampu mendorong pendalaman pasar uang di Indonesia.

Halim menjelaskan, nantinya mekanisme koutasi akan mirip seperti Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR). Dalam JIBOR, 14 bank besar di Indonesia akan menentukan suku bunga, yang kemudian menjadi acuan pasar.

“Yang penting, kami memberikan kesempatan untuk bank-bank membuat kuotasi kurs rupiah-dolar untuk hari ini. Tapi, dia bisa menggunakan itu untuk forwards, tergantung bagaimana keyakinan pasar melihat pasar valas dan ekonomi Indonesia,” kata Halim.

Dalam penerapan kuotasi ini, menurut Halim, BI yang akan memberikan izin dari penetapan kuotasi oleh bank-bank devisa, dan memantau integrasi serta kredibilitas dari harga yang akan ditetapkan. “Sebab kalau tidak begini, nanti ada yang main-main dengan kuotasinya bisa merugikan pasar kita,” kata Halim.

Iklan
Kategori:Bisnis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: