Beranda > Sport > Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Ini Program Kerja Luis Manuel Blanco

Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Ini Program Kerja Luis Manuel Blanco

Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Ini Program Kerja Luis Manuel Blanco

Luis Manuel Blanco akan memulai pekerjaan barunya sebagai pelatih tim nasional Indonesia, setelah resmi ditunjuk oleh PSSI. Salah satu program awal yang dirancang oleh Blanco adalah peningkatan kondisi fisik dan mental pemain timnas.

Blanco mengatakan, di dua minggu pertama sebagai pelatih timnas, dia akan melakukan pengamatan untuk melihat kemampuan para pemain. Blanco juga akan berkoordinasi dengan klub yang berada di daerah, untuk meminta informasi mengenai keadaan fisik para pemain. Ini nantinya akan menjadi database selama dia menjadi pelatih.

“Metode pelatihan yang saya lakukan untuk meningkatkan potensi fisik para pemain adalah dengan membagi pola latihan menjadi dua grup. Grup pertama dilatih oleh pelatih kepala, sementara grup kedua dilatih oleh pelatih fisik. Latihan dilakukan bergantian selama 1 jam. Kemudian mereka diberikan teori psikologis supaya pemain memiliki pandangan untuk selalu menang pada setiap pertandingan,” ujarnya saat ditemui di kantor PSSI, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Dilihat dari segi postur tubuh, menurut Blanco pemain Indonesia punya postur tubuh yang hampir sama dengan pemain Argentina. Blanco menilai banyak pemain bagus di Indonesia, dan mereka bisa dibentuk menjadi pemain bintang seperti Sergio Aguero, Diego Maradona, maupun Javier Saviola.

“Mereka adalah pemain yang berkompetisi di level Eropa. Walaupun posturnya tidak terlalu tinggi, mereka bisa bersaing dengan pemain yang berpostur tinggi. Untuk menghadapi itu semua, fisik dan mental pemain harus bagus,” tutur Blanco.

Blanco juga mengatakan bahwa kedatangannya untuk mengubah sepakbola di Indonesia, agar bisa berbicara di tingkat internasional. “Kami ke sini bukan untuk mengikuti kebiasaan sepakbola di Indonesia, tetapi mereka yang harus mengikuti kebiasaan kami. Timnas harus punya karakter. Pemain yang tidak mau berjuang keras, mereka tidak layak berada di timnas,” katanya.

Blanco yang pernah bermain di klub liga Argentina, Lanus dan Boca Juniors, ditunjuk PSSI menangani tim nasional Indonesia Senior dan tim nasional U-23, yang dipersiapkan berlaga di SEA Games 2013 Myanmar.

Kategori:Sport
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: