Beranda > Dunia > Kunjungi RI, Menlu Jerman Dukung Pelestarian Borobudur

Kunjungi RI, Menlu Jerman Dukung Pelestarian Borobudur

Jerman kagumi peninggalan sejarah seperti Candi BorobudurMenteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle

Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle, akan bertandang ke Indonesia selama 10-11 Februari 2013 mendatang. Selain meningkatkan hubungan ekonomi, kunjungan Westerwelle juga menegaskan dukungan Jerman kepada Indonesia dalam membantu pelestarian Candi Borobudur.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel, mengungkapkan Westerwelle dan rombongan akan memulai kunjungan ke Kota Solo sebelum melihat secara dekat Candi Borobudur di Magelang. “Jerman sangat mengagumi peninggalan sejarah seperti Candi Borobudur. Itu merupakan candi yang sangat indah dan terbesar di Asia Tenggara,” ujar Witschel menjawab pertanyaan VIVAnews dalam jumpa pers di Jakarta hari ini.

Witschel juga menambahkan Jerman selama ini turut membantu proses konservasi batu-batu Candi Borobudur setelah candi tersebut terkena dampak letusan Gunung Merapi beberapa waktu lalu. Westerwelle ingin mengetahui perkembangannya. “Apakah proses konservasi telah berlangsung dengan baik,” Witschel.

Kunjungan Westerwelle ke Indonesia juga membawa beberapa agenda penting lainnya. Dia dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI), Marty Natalegawa, pada Senin 11 Februari 2013 untuk pertemuan bilateral. Beberapa isu internasional direncanakan akan dibicarakan dalam pertemuan bilateral tersebut antara lain menyangkut isu keamanan di Mali, Timur Tengah, peluncuran nuklir Iran, dan Suriah.

Selain bertemu dengan Natalegawa, Westerwelle juga dijadwalkan mengunjungi Sekretariat ASEAN untuk bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) baru ASEAN, Le Luong Minh. Dalam pertemuan ini beberapa isu akan dibahas yaitu mengenai perdagangan bebas di ASEAN dan kondisi terkini di Laut China Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Jerman mengapresiasi peran Indonesia dalam mendamaikan situasi di Laut China Selatan.

“Kami sangat kagum atas usaha Indonesia dalam mengatasi konflik di Laut China Selatan, karena semua konflik dapat diselesaikan dengan damai sesuai dengan aturan hukum laut interasional yang disahkan oleh PBB,” ujar Georg.

Pembicara Kunci

Misi ekonomi pun turut dibawa melalui kunjungan dua hari ini. Bersama dengan Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan, Westerwelle akan menjadi pembicara kunci dalam sebuah seminar bertajuk “Shaping Globalization and Sharing Responsibility” yang diadakan di kantor Kamar Dagang Indonesia (KADIN).

Diharapkan melalui kunjungan ini, hubungan Indonesia dan Jerman yang sudah terjalin selama 60 tahun akan semakin erat. Kedua negara bertekad akan mewujudkan visi bekerja sama dalam membentuk agenda global dan arsitektur.

Di bulan Juli 2012 Kanselir Jerman, Angela Merkel, juga berkunjung ke Indonesia. Dalam kunjungan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, kedua pemimpin menandatangani Deklarasi Jakarta, yang menekankan pentingnya hubungan bisnis di antara kedua negara.

Iklan
Kategori:Dunia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: