Beranda > Bisnis > Bursa Asia Berfluktuasi, di Indonesia Cetak Rekor

Bursa Asia Berfluktuasi, di Indonesia Cetak Rekor

Di bursa domestik, indeks saham kembali mencatat rekor baru.Pria melihat indeks saham di bursa Tokyo

Indeks saham utama di bursa Asia akhir pekan ini dibayangi kecemasan investor terhadap pernyataan Gubernur Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, bahwa ekonomi zona euro masih berisiko. Investor juga masih mencermati dirilisnya data perdagangan China untuk Januari.

Membaiknya ekonomi China akan menjadi sinyal penguatan bursa, meskipun liburan Tahun Baru Imlek akan membatasi momentum pelaku pasar dalam memburu saham di pasar modal.

Indeks MSCI di bursa Asia Pasifik di luar Jepang turun tipis 0,1 persen pada awal perdagangan Jumat 8 Februari 2013. Posisi itu mendekati level terendah dalam satu pekan ini, setelah sempat menembus level tertinggi 18 bulan terakhir pada Senin lalu.

Di bursa saham Australia, indeks naik tipis 0,2 persen, sedangkan di Korea Selatan dibuka turun 0,1 persen.

Indeks acuan di bursa Jepang, Nikkei, juga mengawali transaksi hari ini dengan pelemahan 1,6 persen. Hal itu terdorong meredanya aksi jual yen, sehingga memicu investor mengambil keuntungan pada saham, setelah indeks melonjak ke level tertinggi sejak Oktober 2008 pada Rabu lalu.

“Pasar rentan terhadap profit taking (ambil untung), karena perlu katalis yang lebih positif untuk naik ke level tertinggi baru-baru ini,” kata Hiroichi Nishi, Assistant General Manager di SMBC Nikko Securities, seperti dikutip dari laman Reuters.

Namun, dia mengakui, volume perdagangan yang besar kemarin menunjukkan bahwa pasar Jepang masih menarik untuk investor asing maupun lokal dalam berinvestasi.

IHSG Tembus Rekor

Sementara itu, indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia kembali mencatatkan rekor baru di awal perdagangan hari ini. IHSG dibuka naik 13,55 poin atau 0,30 oersen ke level 4.516,70.

Sebelumnya, rekor tertinggi indeks dicatat pada penutupan transaksi kemarin, Kamis 7 Februari 2013. Saat itu, IHSG naik 4,17 poin atau 0,09 persen ke level 4.503,14.

Menurut analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono, sentimen positif kenaikan IHSG pagi ini ditopang sentimen positif data ekonomi Asia, terutama China. “Diperkirakan, data positif ini mendorong indeks regional menguat,” kata dia kepada VIVAnews.

Namun, dia menambahkan, ancaman krisis zona Eropa yang menghantui pergerakan bursa global Wall Street dan Eropa masih menjadi penghambat mulusnya pergerakan IHSG. “Jadi, meski IHSG menguat, kisarannya akan terbatas,” tutur Purwoko.

Iklan
Kategori:Bisnis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: