Beranda > Nasional > Jika Jadi Gubernur, Chairuman Akan Bangun KA Medan-Sibolga

Jika Jadi Gubernur, Chairuman Akan Bangun KA Medan-Sibolga

Saat ini, jaringan KA di Sumut warisan Belanda. Tak dikembangkan.Kereta Api Bandara Kualanamu di Sumut

Chairuman Harahap, calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) no urut 3, mengatakan, visi dan misinya pembangunan merata di seluruh wilayah Sumut. Salah satu fokus Chairuman nanti mewujudkan infrastruktur transportasi yang merata.

Politikus Golkar itu menyoroti sarana perkeretaapian di Sumatera Utara yang saat ini ada tidak berkembang dan kurang mendapat perhatian. Sarana transportasi tentunya berpengaruh penting dalam proses pembangunan yang otomatis memajukan perekonomian dan kesejahteraan Sumut.

Menurut Chairuman, kereta api di Sumut selama ini merupakan sisa-sisa peninggalan Belanda, tidak berkembang lantaran kurang diperhatikan oleh pemerintah. Berbeda dengan sarana kereta api di Pulau Jawa lebih berkembang dan mampu menggenjot perekonomian rakyat.

“Kereta api di Sumut ini warisan Belanda, dari dulu seperti ini. Kurang dimanfaatkan. Nah, ke depannya inilah yang harus dimanfaatkan untuk pertumbuhan daerah,” ujar cagub dari Partai Golkar itu saat berbincang dengan VIVAnews, Kamis 7 Februari 2013.

Chairuman menambahkan, Kereta api juga bisa menjadi kendaraan angkutan massal dan menghemat energi (BBM). “Seperti di luar negeri sudah seperti ini, kereta api menjadi sarana transportasi yang sedang dikembangkan karena sangat berguna untuk kendaraan angkutan massal.”

Itulah sebabnya, dalam programnya jika terpilih nanti sebagai Gubernur Sumut periode 2013-2018, dia berjanji akan membangun sarana perkeretaapian. Saat ini kereta api di Sumut hanya ada dua jalur, dari Medan menuju Rantau Parapat dan Pematang Siantar. Dia berencana akan membangun rel ganda sampai Kota Sibolga di pesisir selatan Sumut.

Rencana ini, kata Chairuman, bertautan dengan rencananya membangun pelabuhan berstandar internasional di perairan Sibolga. Saat ini Pelabuhan Belawan di Medan merupakan yang terbesar di Sumut.

“Jadi rencananya akan kita bangun rel sampai ke Sibolga.  Jadi saling dukung dengan pembangunan pelabuhan di sana karena jalur perdagangan paling ramai melalui darat dan laut, pastinya bisa memperkuat perekonomian rakyat,” ujar anggota Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Kategori:Nasional
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: