Beranda > Dunia > Pemerintah Mulai Serius Gandeng Diaspora Indonesia

Pemerintah Mulai Serius Gandeng Diaspora Indonesia

Selain gelar pertemuan rutin, juga dibentuk Desk Diaspora Indonesia.Dua warga Indonesia menikmati cuaca salju di London, Inggris

Pemerintah bertekad tidak menyia-nyiakan peran dan pengaruh para diaspora Indonesia di mancanegara. Selain bisa mengharumkan nama bangsa di luar negeri, kontribusi positif mereka juga akan bisa langsung mendukung pembangunan di Tanah Air.

Demikian ungkap kalangan diplomat dan pengusaha nasional dalam suatu diskusi informal di Jakarta, Jumat 25 Januari 2013. Mereka akan menggelar pertemuan besar di Jakarta tahun ini dan mulai menggarap sejumlah program dengan melibatkan para diaspora Indonesia dari berbagai negara.

Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI bidang Ekonomi dan Sosial Budaya, M Wahid Supriyadi, mengungkapkan bahwa pengertian diaspora Indonesia selama ini masih bersifat luwes.

“Mereka tidak hanya warga Indonesia yang sedang berdomisili di luar negeri –baik bekerja maupun studi–, namun juga warga negara asing yang dulu berwarga Indonesia atau orang tuanya asal Indonesia. Bisa juga Indonesianis, yaitu warga asing yang tidak punya asal usul dari Indonesia, namun cinta dengan Indonesia,” kata Wahid.

Dia mengingatkan bahwa sejak tahun lalu sudah ada forum yang mempertemukan para diaspora Indonesia, yang pertama berlangsung di Los Angeles, AS pada Juli 2012 atas prakarsa Duta Besar RI Dino Patti Djalal. “Pertemuan ini berlangsung tahunan dan pada 2013 akan ada pertemuan kedua yang diselenggarakan di Jakarta,” kata Wahid.

Selain itu, lanjut mantan Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan agar pemerintah menindaklanjuti pertemuan di Los Angeles dengan menunjuk seorang pejabat yang khusus mencurahkan upaya membina dan memperluas hubungan dengan para diaspora Indonesia.

“Maka, saat ini Kementerian Luar Negeri menugaskan seseorang yang memimpin desk Diaspora Indonesia. Untuk saat ini, saya yang diserahi tugas memimpin desk itu,” lanjut Wahid.

Edward Wanandi, Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN), menyambut baik dukungan pemerintah. Selain turut memfasilitasi Kongres II Diaspora Indonesia pada Agustus mendatang, Edward juga berharap pemerintah ikut menyukseskan upaya mempertautkan para diaspora lain yang tersebar di banyak negara.

“Terasa sekali ada kebutuhan WNI di luar negeri bahwa kami ini banyak sebetulnya, tapi saling tidak kenal. Maka, ada rasa untuk membuat hubungan antarsesama WNI maupun yang sudah jadi warga asing, tapi masih cinta Indonesia,” kata Wanandi yang juga memimpin Indonesian Diaspora Business Council (IDBC).

Dia berharap, selain rutin menggelar kongres, jaringan diaspora Indonesia juga mengembangkan program lain. Saat ini, sedang diupayakan ada bank data mengenai profil mereka. “Selain itu, kami juga akan membuat program lain yang bisa menggalang spontanitas dan solidaritas sesama diaspora, misalnya menggalang bantuan untuk korban banjir Jakarta maupun program anak asuh,” kata Wanandi.

Iklan
Kategori:Dunia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: