Beranda > Dunia > Undur Diri, Paus Jadi Buah Bibir di Twitter

Undur Diri, Paus Jadi Buah Bibir di Twitter

Mantan pemimpin umat Katolik sedunia itu langsung menjadi trending topic.

Ilustrasi: Paus Benediktus XVI meninggalkan malam Natal di Basilika Santo Petrus di Vatikan

Paus Benediktus XVI baru saja mengeluarkan pernyataan resmi terkait pengunduran dirinya sebagai pemimpin umat Katolik sedunia dan pemimpin Tahta Suci Vatikan.

Dilansir kantor beruta Reuters, 11 Februari 2013, langkah itu ditempuh Paus karena merasa tak cukup kuat untuk mengemban tugasnya lagi.

Pernyataan itu langsung menempatkan Paus sebagai topik yang hangat dibicarakan di Twitter, atau dikenal dengan istilah trending topic, dalam waktu kurang dari empat jam.

Di Indonesia, topik ‘Pope Benedict XVI’ menjadi topik terpopuler kedua setelah #JustinIsTheBestIdolInTheWorld, topik paling populer yang digalang oleh para fans artis pop remaja Justin Bieber.

Trending topic ditentukan oleh jumlah tweet yang lalu-lalang di Twitter dengan menyebut ‘Pope Benedict XVI’ dalam posting-nya. Artinya, ada ribuan bahkan jutaan orang di Indonesia yang tengah membicarakan kemunduran Paus saat ini.

Sejumlah tweeps, atau pengguna Twitter, bertanya-tanya siapakah yang layak menggantikan Paus Benedict XVI. Hal itu nampak dari beberapa kicauan yang dipantau VIVAnews di Twitter, seperti:

“I wonder who will be the next Pope,” tulis akun @fullertonsancho, yang bernama lengkap Chris Sancho Sanchez.

“Here’s hoping for a new Pope with more love in his heart,” ketik akun lain bernama @ARForEquality.

Namun, meski bertengger sebagai trending topic di Twitter Indonesia, cukup sulit menemukan “kicauan” dalam Bahasa Indonesia. Hanya ada beberapa, salah satunya:

“#PausBenedict termasuk pastor kolot, anti imam perempuan, homoseksualitas, terus dukung selibat utk pastor Katholik,” ujar @andreasharsono dalam kicauannya.

Kalau diamati, sebagian besar tweet sebatas berisi tentang berita atau informasi terkait pengunduran diri Paus Benedict XVI. Beberapa di antaranya mendoakan agar Paus tetap baik-baik saja, dan ada pula yang mengutarakan kesedihan atas mundurnya Paus.

“Sad. Pope Benedict is resigning on Feb 28. His writings were enlightening and a great inspiration to many… Thank you Pope Benedict XVI,” tulis seorang pemilik akun @karadavid.

Kendati hanya berbagi informasi atau tautan berita, popularitas Paus Benedict XVI di Twitter tetap terdongkrak.

Paus Benediktus rencananya akan mundur secara resmi pada 28 Februari 2013 mendatang. Ia baru akan meninggalkan jabatannya setelah penerus selanjutnya terpilih.  Paus Benediktus terpilih menjadi Paus pada 19 April 2005. Saat itu usianya masih 78 tahun atau 20 tahun lebih tua dibandingkan John Paul.

Iklan
Kategori:Dunia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: