Beranda > Nasional > Buru Anak Hilmi di Turki, RI Gandeng Interpol

Buru Anak Hilmi di Turki, RI Gandeng Interpol

Ridwan Hakim meninggalkan Indonesia sehari sebelum surat cegah keluar.

Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana

Pemerintah Republik Indonesia akan berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk jaringan internasional atau Interpol, untuk melacak keberadaan Ridwan Hakim, anak Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin, yang dicegah KPK ke luar negeri terkait kasus suap impor daging sapi.

Pasalnya, KPK terlambat mengeluarkan surat cegah terhadap Ridwan. Sehari sebelum surat cegah terbit, Ridwan sudah keburu meninggalkan tanah air dengan pesawat Turkish Air TK67. Saat itu, ia diketahui pergi menuju Turki. Namun saat ini belum diketahui persis di mana ia berada.

“Langkah-langkah untuk mendeteksi yang bersangkutan tidak bisa kami ungkapkan rinci ke publik. Nanti akan susah (dikejar). Harap dimaklumi,” kata Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana, di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Jumat 15 Februari 2013.

Denny optimis Ridwan bisa dibawa pulang. “Ada macam-macam mekanisme imigrasi (untuk memulangkan Ridwan). Kita kan punya pengalaman memulangkan Nazaruddin dan Gayus,” kata Denny. Ia pun yakin KPK tidak tinggal diam karena mereka sudah punya jaringan kerja sama internasional.

Selain Ridwan, ada tiga orang lainnya yang juga dicegah KPK terkait kasus itu, yaitu Ahmad Zaky, Rudi Susanto, dan Jerry Roger. Mereka semua berasal dari swasta dan berstatus sebagai saksi kasus impor daging sapi. Dalam kasus ini pula KPK sebelumnya menetapkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: