Beranda > Bisnis > Federasi Pilot: Pilot Asing “Bahayakan” Pilot Indonesia

Federasi Pilot: Pilot Asing “Bahayakan” Pilot Indonesia

Maskapai nasional harus utamakan pilot lokal.

Pilot asing mengancam pilot Indonesia.

Federasi Pilot Indonesia (FPI) mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan yang memperketat penggunaan pilot asing oleh maskapai nasional. Upaya itu dimaksudkan untuk menjadikan pilot lokal memperoleh kesempatan lebih besar di dalam negeri.

“Pilot asing ‘membahayakan’ posisi pilot lokal Indonesia. Saya maunya anak-anak saya yang jadi pilot,” kata Presiden FPI, Hasfriansyah HS, saat ditemui di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat 15 Februari 2013.

Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan yang memperketat penggunaan pilot asing. Seorang pilot asing diwajibkan memiliki 250 jam terbang untuk mengemudikan pesawat di Indonesia.

Selain itu, pilot asing harus memiliki pengalaman terbang pada pesawat yang dioperasikannya, yaitu operator penerbangan 121 dan 125.

Saat ini, Kementerian Perhubungan mencatat ada sekitar 600-700 pilot asing yang beroperasi di Indonesia. Selengkapnya baca: Kemenhub Perketat Penggunaan Pilot Asing.

Ia menjelaskan, banyak pilot asing menambah jam terbang di Indonesia dengan dalih belajar di sekolah pilot yang ada di Indonesia. Untuk itu, ia menyarankan agar pilot asing yang masuk ke Indonesia sudah memiliki jam terbang tinggi. Hal itu dimaksudkan agar pilot-pilot lokal dapat menambah jam terbang di maskapai nasional.

“Boleh belajar di Indonesia, tapi cari jam terbangnya di luar negeri. Pilot lokal juga cari jam terbang di Indonesia setelah lulus dari sekolah penerbangan di luar negeri,” tuturnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: