Beranda > Nasional > Waterway Marunda-Muara Baru Mulai Beroperasi

Waterway Marunda-Muara Baru Mulai Beroperasi

Selama uji coba ini penumpang tidak dipungut biaya alias gratis.

Waterway KM Kerapu II dan III di Marunda

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan transportasi air yang melintas dari Kanal Banjir Timur (KBT) Marunda ke Muara Baru. Transportasi ini sudah diresmikan operasionalnya kemarin. Rencananya siang ini Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, akan menjajal ‘taksi air’ yang diperuntukan bagi warga Rumah Susun Marunda itu.

Menurut Jokowi, dia akan menaiki kapal mulai dari Dermaga Apung Marunda. “Habis Jumatan saya akan coba, ikut semua nanti di sana,” ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat 15 Februari 2013.

Kepala Dinas Perhubungan, Udar Pristono, berharap transportasi ini dapat memudahkan warga Rusun Marunda yang bekerja di pelelangan ikan Muara Baru. Selama uji coba ini penumpang tidak dipungut biaya alias gratis.

“Karena kami masih dalam taraf uji coba dan memberikan mereka insentif. Mereka kesulitan dalam hidupnya jadi digratiskan, nanti kami lihat, ” kata Pristono.

Pristono mengatakan,  ‘waterway’ itu akan dikembangkan sehingga dapat melintasi sepanjang Pantai Utara Jakarta. Akan ada rute baru, Marunda – Ancol – Muara Baru, Muara Baru – Pantai Mutiara dan Pantai Mutiara – Muara Angke.

“Jadi nanti orang Marunda yang ingin ke Kepulauan Seribu ke Muara Angke dulu atau ingin ke Ancol bisa naik kapal ini, tiketnya kami tanggung,” kata dia.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta baru menyedikan dua kapal berkapasitas 20-30 orang. Sedangkan untuk dermaganya terbuat dari fiberglass yang disusun seperti puzzle agar bisa menyesuaikan dengan pasang surutnya air.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: