Beranda > Nasional > Publik Mau Presiden Berikut Tak Urusi Partai

Publik Mau Presiden Berikut Tak Urusi Partai

Publik Mau Presiden Berikut Tak Urusi Partai

TEMPO.CO , Jakarta: Lingkaran Survei Indonesia mengungkapkan publik menginginkan presiden di masa mendatang melepaskan jabatan strukturalnya di partai sehingga tidak ikut mengurusi partai. Publik ingin presiden punya loyalitas tunggal dalam mengurusi rakyat.

Dari 1.200 responden di 33 provinsi, sebanyak 76,43 persen setuju publik menghendaki presiden terpilih nantinya harus melepaskan jabatan apa pun di partai politik.

“Sebanyak 77,85 persen publik setuju masalah yang terjadi di partai politik adalah persoalan internal partai yang bersangkutan, bukan masalah warga Indonesia, sehingga tidak semestinya presiden terlibat mengurus masalah di partai,” ujar peneliti LSI, Barkah Patimahu, saat menggelar konferensi pers, Minggu, 17 Februari 2013. Hanya 16,46 persen publik yang menyatakan tidak setuju dan 5,7 persen tidak menjawab.

“Bagi publik, masalah pada partai politik tertentu adalah persoalan internal partai yang melibatkan sekelompok orang. Bukan masalah warga Indonesia secara luas. Presiden hanya boleh turun tangan jika masalah itu menyangkut masalah warga Indonsia secara luas,” ujar Hanggoro, peneliti LSI lainnya.

Bahkan dalam hasil Forum Group Discussion, lanjut Hanggoro, ada yang menilai bahwa keterlibatan diri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam menyelesaikan polemik di Partai Demokrat telah membuat masalah partai ini menjadi masalah Bangsa Indonesia.

LSI melakukan survei pada 11-14 Februari lalu. Survei yang dilakukan LSI menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden 1.200 penduduk yang tersebar di 33 provinsi.

Wawancara menggunakan handset atau quick poll. Margin error mencapai 2,9 persen. Survei dilangkapi dengan riset kualitatif, yakni forum group discussion, wawancara mendalam, dan analis media nasional.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: