Beranda > Dunia > Karyawan Demo, Tiga Program BBC Batal Mengudara

Karyawan Demo, Tiga Program BBC Batal Mengudara

Para karyawan menentang penghapusan sejumlah program.

Tiga program BBC batal mengudara

Tiga program milik British Broadcasting Corporation (BBC) batal mengudara pada Senin 18 Februari 2013. Program itu batal mengudara, karena sejumlah karyawannya melakukan mogok kerja selama satu hari penuh.

Tiga program yang batal mengudara itu adalah Today Programme yang disiarkan di Radio 4, Tonight’s Newsnight, dan World News di channel BBC 2, serta BBC One’s Breakfast. Pihak BBC pun terpaksa harus mengganti sementara keempat program tersebut dengan program lain.

Sementara itu, para karyawan menggelar aksi demo di luar kantor BBC yang berada di pusat Kota London. Menurut Michelle Stainstreet, selaku Sekretaris Jenderal Serikat Nasional Jurnalis (NUJ) yang memimpin para wartawan untuk berdemo, aksi ini dipicu penghapusan sejumlah program yang berimbas pada pemecatan karyawan.

NUJ mengatakan, akan terdapat penghapusan beberapa program di seluruh perusahaan, termasuk program BBC Scotland, Five Live, The Asian Network, dan World Service.

Konflik ini bermula di Skotlandia, tetapi kemudian meningkat setelah serikat mengetahui adanya rencana pemotongan wajib di bagian lain di perusahaan. Para karyawan pun berkumpul di luar kantor di seluruh Inggris untuk memprotes kebijakan perusahaan. Aksi ini pun turut mendapat dukungan dari serikat pekerja lainnya.

“Para anggota serikat NUJ melakukan aksi ini demi mempertahankan pekerjaan mereka dan kualitas jurnalistik di perusahaan. Mereka benar-benar marah dan frustasi terhadap keputusan petinggi BBC,” ujar Strainstreet seperti dikutip Dailymail, Senin 18 Februari 2013.

Sementara itu, pihak BBC mengatakan, mereka tidak akan mengubah keputusan penghapusan beberapa program itu dengan alasan penghematan.

“Kami benar-benar kecewa dengan aksi yang dilakukan NUJ dan kami memohon maaf kepada para pemirsa BBC atas terganggunya layanan yang kami berikan. Namun, hal itu tetap tidak akan mengubah fakta bahwa BBC sedang melakukan penghematan besar-besaran dan sebagai konsekuensinya kami harus melakukan beberapa pengurangan wajib,” ujar juru bicara BBC kepada Dailymail.

Masih menurut juru bicara tersebut, pihak perusahaan sudah membuat kemajuan yang cukup baik dengan melakukan pengurangan wajib dengan memberdayakan relawan, pengalihan karyawan, dan membatalkan posisi pekerjaan yang kosong. “Kami akan meneruskan langkah ini,” ungkapnya.

Iklan
Kategori:Dunia Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: