Beranda > Politik > Penyelewengan Dana Bencana, BK Periksa Anggota DPR

Penyelewengan Dana Bencana, BK Periksa Anggota DPR

Staf ahli anggota DPR terbukti menerima transfer hampir Rp1 miliar.

Ketua Badan Kehormatan DPR, M. Prakosa.

Badan Kehormatan DPR akan melakukan pemeriksaan lanjutan terkait penyelewengan dana bencana yang dilakukan oleh staf ahli anggota DPR. Kali ini BK akan memeriksa anggota Komisi XI DPR.

Pemeriksaan akan dilakukan pada Selasa pekan depan, 19 Februari 2013. “Hari Selasa jam 13.00 untuk anggota Komisi XI, setelahnya anggota Komisi VIII yang diperiksa,” kata Ketua BK, M. Prakosa, Jumat 15 Februari 2013.

Menurut Prakosa, BK sudah mendapatkan bukti transfer atas penyelewengan dana bencana tersebut. “Bukti transfer kami dapat. Memang ada transfer dana ke tenaga ahli, nilainya cukup banyak, hampir Rp1 miliar,” ujar politisi PDIP itu.

Dana Rp1 miliar itu ditransfer beberapa kali, dengan nilai sekali transfer sekitar Rp100-150 juta.

Laporan keterlibatan staf ahli anggota DPPR dalam penyelewengan dana bencan datang dari mantan pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Muhammad Suryakarya. Ia melaporkan dua staf ahli DPR. Namun ternyata yang terdaftar sebagai staf ahli anggota DPR hanya satu orang.

“Yang terdaftar di Sekretariat Jenderal DPR hanya satu, sedangkan yang satu lagi tidak terdaftar,” kata Prakosa. Jika terbukti ada unsur pidana, kasus ini akan langsung dilaporkan ke penegak hukum. Namun jika hanya pelanggaran etika, cukup diproses di BK.

BK DPR sebelumnya telah memeriksa tenaga ahli Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Gondo Radityo Gambiro, yang bernama Herdian Aryanto. Herdian terlibat dalam pengurusan dana bantuan bencana atas permintaan anggota dewan.
“Tapi ternyata proses anggaran yang dijanjikan tidak gol,” kata Prakosa.

Herdian sendiri dalam pemeriksaan terdahulu tak mengatakan apakah dana tersebut diserahkan ke anggota DPR atau tidak. “Makanya kami verifikasi dulu lebih lanjut dengan anggota dewan,” ujar Prakosa.

Kategori:Politik Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: