Beranda > Bisnis > Belanda Lirik Investasi Tata Kelola Air di Indonesia

Belanda Lirik Investasi Tata Kelola Air di Indonesia

“Kami memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola air.”

Waduk Pluit

Pemerintah Belanda tertarik berinvestasi di bidang tata kelola air di Indonesia. Negara kincir angin itu berminat menjalin kerjasama kemitraan untuk membuat sistem tata kelola air yang baik.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Belanda, Frans Timmermans, ketika berkunjung ke gedung Kemlu RI di Pejambon, Jakarta Pusat pada Kamis, 21 Februari 2013.

Dalam kunjungannya, yang merupakan kali pertama ke Indonesia itu, Timmermans memulai rencana tersebut dengan meninjau waduk Pluit pada hari Rabu kemarin, 20 Februari 2013.

Menurut pria yang terpilih sebagai menteri luar negeri pada 2007 itu, kedua negara sebelumnya sudah memiliki kerjasama pengelolaan air dan tengah mengembangkan proyek Jakarta Coastal Defence.

Kepada wartawan yang menemuinya usai bertemu dengan Menlu RI, Marty Natalegawa, Timmermans mengatakan, tata kelola air merupakan bidang yang cukup dikuasai oleh negaranya.

“Kami memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola air, karena area daratan kami berada di bawah permukaan laut. Oleh sebab itu kami merasa itu merupakan ilmu yang dapat dibagi ke pemerintah Indonesia dan sekaligus dapat dijadikan lahan bisnis,” tuturnya.

Selain itu, Timmermans juga menyebut beberapa bidang lainnya yang sedang dibidik oleh investor asal Belanda. Antara lain, agrikultur, infrastruktur, dan perencanaan kota.

Mengenai bidang perencanaan kota, Timmermans sudah memulai untuk memperoleh informasi dengan menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama kemarin, untuk membahas revitalisasi bangunan dan pengembangan kota.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: