Beranda > Meliter Indonesia > Trimaran, Kapal Patroli Siluman Karya Anak Negeri

Trimaran, Kapal Patroli Siluman Karya Anak Negeri

Trimaran
Kapal baru dengan panjang 63 meter dinamai Trimaran, desainnya canggih yang dianggap sebagai kapal angkatan laut yang paling canggih dari jenisnya yang pernah dibangun di Asia Tenggara. Haluan kapal ini akan “menusuk” gelombang dengan bentuk lambungnya yang radikal untuk meningkatkan kemampuan jelajah dan stabilitasnya.
Dibangun dari bahan serat karbon komposit penuh, memanfaatkan proses vacum infusion dan vinylester resin. Metode pembuatan semacam ini menghasilkan sebuah struktur baru yang memiliki kekuatan tinggi, tetapi juga menjadikan biaya operasional yang lebih rendah, pemeliharan dan umur dari kapal Trimaran ini.Pada tahun 2009 PT Lundin menandatangani kontrak untuk membangun satu kapal perang siluman paling canggih bagi TNI AL. Kapal Trimaran ini merupakan hasil Program Penelitian dan Pengembangan intensif yang dilakukan oleh PT Lundin Industry Invest (North Sea Boats) dan TNI AL yang dimulai sejak tahun 2007. Konstruksi kapal Trimaran dimulai pada awal 2010, namun karena desain dan metode konstruksinya yang canggih, proyek ini cukup dirahasiakan hingga sekarang.

Trimaran
Trimaran
Peresmian telah dilakukan pada Jumat 31 Agustus 2012 di fasilitas galangan kapal PT Lundin di Banyuwangi, Jawa Timur. Upacara peresmian tersebut dihadiri oleh para pejabat dari kemenhan dan petinggi-petinggi dari TNI AL.Kapal Patroli Cepat Rudal (FMPV) seperti ini menggunakan “Gelombang Piercing.” Hal ini memungkinkan kapal untuk memotong gelombang dengan stabil. Kombinasi fitur ini akan mengurangi pitching dan rolling, menjadikan sebuah platform senjata yang stabil, dan memungkinkan kapal tetap nyaman dan aman dalam mempertahankan kecepatannya bahkan dalam kondisi laut yang buruk.

Kapal Patroli Cepat Rudal ini memiliki karakteristik desain siluman, dan juga memasukkan fitur yang meminimalkan pendeteksian dari radar, inframerah, akustik dan sinyal magnet. Sifat siluman dari kapal ini menjadi lebih baik karena tidak adanya reverseangle bow untuk memantulkan sinyal radar, seperti yang terlihat pada bentuk lambung kapal-kapal perang konvensional.

ilustrasi trimaran
Ilustrasi Trimaran
Geladak yang luas  di kapal Trimaran juga menjadikan kapal ini sebagai platform ideal untuk membawa helikopter, yang meningkatkan jangkauan patroli dan kemampuan kapal yang efektif.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: