Beranda > Nasional > Soal Tanggul Raksasa, Kemenkeu Masih Hati-hati

Soal Tanggul Raksasa, Kemenkeu Masih Hati-hati

Impian megaproyek solusi banjir Jakarta ini masih harus didalami.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar menegaskan tidak akan sembarangan memberikan insentif pembangunan tanggul raksasa (giant sea wall) yang akan dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Mahendra menegaskan, skema pembiayaan proyek tersebut masih belum jelas, padahal proyek itu mulai dibangun pada 2014. Kemudian desain besarnya juga masih dikaji. “Kami harus hati-hati dan saya rasa kita bisa menjajaki beberapa skema,” katanya di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 6 Maret 2013.

Mahendra mengungkapkan proyek tersebut masih abu-abu. Karenanya impian DKI Jakarta memiliki salah satu infrastruktur yang diklaim menjadi solusi permasalahan banjir ibu kota masih harus didalami.

Sebelumnya, Gubernur Jokowi akan melanjutkan mega proyek Gubernur Fauzi Bowo tanggul laut raksasa untuk mengatasi banjir akibat air pasang laut (rob) di kawasan utara Jakarta. Tanggul ini diyakini bisa menahan pasang air laut, sekaligus membuang air dari daratan ke laut.

Jokowi menyadari biaya pembangunan sangat besar. Waktunya pun bakal panjang. Tapi, untuk jangka panjang, pembangunan mega proyek tersebut dirasakan perlu. Kalkulasi biaya membangun tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall akan memakan dana sekitar US$5 miliar (Rp47,65 triliun).

”Saya sudah suruh kepala dinas terkait untuk mendalami gagasan itu. Kalau hanya menunggu terus, sudah 26 tahun ya masih rencana terus. Saya gak mau disuruh buat rencana terus. Saya mau eksekusi saja,” kata Jokowi.

Bagaimana dan siapa yang bakal membangun, Jokowi belum menjelaskan lebih rinci.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: