Beranda > Nasional > Dahlan: Indonesia Harus Kurangi Ketergantungan Teknologi Luar Negeri

Dahlan: Indonesia Harus Kurangi Ketergantungan Teknologi Luar Negeri

Dahlan: Indonesia Harus Kurangi Ketergantungan Teknologi Luar Negeri
Menurut dia, ketergantungan teknologi luar negeri terjadi di masa lalu karena Indonesia dulu tidak punya uang. Banyak proyek dibiayai pinjaman luar negeri, sehingga sekaligus membawa teknologinya.

Jakarta, Aktual.co — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan Indonesia harus mampu mengurangi ketergantungan teknologi dari luar negeri.

“Selama ini kita selalu tergantung dengan teknologi dari luar negeri. Padahal kita memiliki potensi mengembangkan teknologi dalam negeri,” kata Dahlan Iskan di Banda Aceh, Minggu.
Pernyataan tersebut disampaikannya dalam kuliah umum pada musyawarah Perhimpunan Mahasiswa Teknik Indonesia dan Temu Ilmiah Mahasiswa Teknik Indonesia.
Menurut dia, ketergantungan teknologi luar negeri terjadi di masa lalu karena Indonesia dulu tidak punya uang. Banyak proyek dibiayai pinjaman luar negeri, sehingga sekaligus membawa teknologinya.
“Ini kenapa terjadi? Ini terjadi karena kita dulu miskin. Pembangunan pabrik-pabrik milik negara dibiayai pinjaman luar negeri, sehingga teknologinya pun dari luar negeri,” katanya.
Padahal, Indonesia memiliki ahli teknik yang mampu melahirkan teknologi sendiri. Karena itu, Kementrian BUMN ingin mewujudkan banyak hal yang terkait dengan teknologi.
“Tiga bulan lalu, Kementerian BUMN membentuk gugus tugas membicarakan penggunaan teknologi dalam negeri. Hasilnya, salah satu anak perusahaannya ditugaskan membangun sebuah pabrik gula yang menggunakan 100 persen teknologi dalam negeri,” katanya.
Oleh karena itu, Dahlan Iskan mengajak mahasiswa teknik yang merupakan generasi bangsa mampu melahirkan inovasi dalam membangun teknologi dalam negeri.
“Saya yakin Indonesia bisa menjadi negara maju yang menggunakan teknologinya sendiri. Sebab, Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang mampu melahirkan dan mengembangkan teknologinya sendiri,” kata Dahlan Iskan.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: