Beranda > Nasional, Sport > Jawaban FIFA Dibawa ke Kongres PSSI

Jawaban FIFA Dibawa ke Kongres PSSI

KLB PSSI di Hotel Borobudur.(foto:Heru Haryono/okezone)

ENPASAR – PSSI diminta mengikuti saran FIFA dalam menyelesaikan konflik internal sekaligus membawa masalahnya ke dalam kongres biasa pada bulan Juni mendatang.

Diketahui, menyusul surat FIFA kepada PSSI, Menpora Roy Suryo dan Wakil Ketua Umum PSSI terhukum, Farid Rahman tertanggal 22 Maret 2013 itu, kini PSSI kembali dilanda persoalan baru.

FIFA hanya mengakui keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada tiga hal, yaitu penyatuan kompetisi, revisi Statuta dan pengembalian empat Exco terhukum (La Nyalla Mattalitti, Roberto Rouw, Erwin Dwi Budiawan dan Tony Aprilani).

Menpora Roy Surya mengaku telah mengetahui adanya surat dari FIFA dan jawaban PSSI yang disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI terhukum Farid Rahman.

“Isinya memang sangat jelas, saya tidak akan terlalu panjang membahas, tetapi saya sepakat apapun yang diputuskan FIFA,” tegas Roy ditemui di Nusa Dua, Selasa, (26 Maret 2013).

Artinya, ketika FIFA menyatakan bahwa agenda yang di-approve pada tiga agenda awal yakni kembalinya Exco, reunifikasi liga, perubahan statuta dan itu yang disepakati, sudah selesai.

Cuma memang, lanjut Roy, saat KLB 17 Maret lalu, wakil FIFA sebenarnya masih di ruangan dan mereka nyatanya menyatakan setuju kongresnya berhasil. Sekarang dengan turunnya surat FIFA maka Roy akan mengembalikan persoalan itu kepada PSSI.

Tidak selamanya, pemerintah harus turut campur, karena hal itu menjadi tidak dewasa bagi PSSI.
PSSI di bawah Johar dan anggotanya termasuk Exco diberi kesempatan, untuk menyelesaikan jawaban FIFA. Jika hendak menjadi materi di kongres biasa pada bulan Juni mendatang, dia mempersilakan.

“Saya kira nanti ketemunya di kongres, kalau kemudian kemarin ada yang tidak sepakat dengan masuknya empat Exco, ada yang tidak sepakat dengan sanksi kepada enam anggota Exco sebelumnya, selesaikan internal di PSSI,” harap dia.

Menjawab tudingan apakah sikap FIFA tidak ambigu dalam melihat PSSI, Roy mengatakan, tetap berpegang pada bukti yang tertulis.

“Selama surat FIFA itu kepada Pak Farid itu benar dan selesai, kalau saya mendapat surat itu dan ternyata tuntas, tidak ada masalah, artinya itu memang sikap FIFA,” ucapnya.

Roy menegaskan dirinya selalau berpegang dalam menyelesaikan kasus ini lewat hirarkis yang tertinggi.

Ketika terjadi persoalan PSSI, Roy mengaku juga bertanya kepada FIFA yang jawabannya adalah selenggarakan KLB dengan empat agenda.

Empat agenda itu sudah dilakukan dan telah disepakati dengan suskes dan berhasil. Jika kemudian sekarang ada ketegasan sikap FIFA, selaku pemerintah tentunya akan mengikuti apa yang disarankan terbaik oleh FIFA.

“Sebab itu, saya akan sampaikan ke PSSI ikuti FIFA karena itulah otoritas tertinggi yang ada dan selesaikan itu secara internal di PSSI,” tegas politisi Partai Demokrat.

Jadi, tidak selalu ketika ada masalah di PSSI kemudian pemerintah harus turut campur. Dia mengibaratkan, konflik PSSI seperti ketika anak-anak bertengkar, tidak harus orang tua yang ikut menengahi. Sebab, kadang-kadang masalah itu bisa diselesaikan sendiri.

Surat tertanggal 22 Maret 2013 itu menegaskan bahwa FIFA hanya mengakui keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada tiga hal, yaitu penyatuan kompetisi, revisi Statuta dan pengembalian empat Exco terhukum (La Nyalla Mattalitti, Roberto Rouw, Erwin Dwi Budiawan dan Tony Aprilani).

Pada KLB PSSI yang digelar pada 17 Maret menghasilkan beberapa keputusan. Selain tiga poin di atas, KLB mengangkat La Nyalla sebagai wakil ketua umum PSSI, skorsing terhadap enam Exco yang walk out dari sidang, menambah empat Exco baru dan mengagendakan Kongres Biasa pada Juni 2013.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: